Minggu, 01 Desember 2013

Manfaat Alkohol

folderaizen.blogspot.com

Minuman beralkohol atau yang sering disebut minuman keras (miras) umumnya memiliki citra jelek. Namun, di tengah hal itu ternyata ada juga manfaat minuman beralkohol. Selama ini kebanyakan orang hanya tahu bahwa minuman beralkohol memiliki manfaat sebagai penenang masalah atau pun pembuat santai dan penghangat perut. Selebihnya, orang-orang berkata jelek terhadap minuman beralkohol tanpa mempelajari lebih dalam manfaat minuman beralkohol itu sendiri.
Memang, kebanyakan orang lupa akan manfaat minuman beralkohol karena konsumen biasanya menyalahgunakan manfaat minuman beralkohol itu sendiri. Artinya, kebanyakan konsumennya mengkonsumsi terlalu banyak, sehingga manfaat minuman beralkohol yang tadinya bagus untuk tubuh jadi justru merusak tubuh. Hal ini juga yang membuat sebagian orang mengharamkan minuman beralkohol, yang sebenarnya masih memiliki manfaat. Dalam tulisan ini, mari kita pelajari lebih lanjut mengenai apa-apa saja manfaat minuman beralkohol yang memang betul bermanfaat bagi tubuh kita, berikut ini:
Manfaat Minuman Beralkohol
Manfaat minuman beralkohol bisa kita temukan dari beberapa jenis minuman beralkohol seperti di bawah ini:
1. Anggur/Wine
Yang satu ini sudah umum dikenal sebagai minuman beralkohol, bahkan sudah menjadi tradisi orang di Eropa hingga Timur Tengah. Wine juga menjadi tradisi agama Katolik, terutama ketika perayaan Doa Syukur Agung. Wine tercipta dari sari buah anggur terpilih dan berkualitas baik. Meminum wine setiap hari dapat membuat tubuh selalu bugar, asalkan tidak diminum untuk mabu-mabukan atau pun diminum secara berlebihan. Bagi perempuan, wine bermanfaat untuk meningkatkan hormon estrogen, memperlambat kerusakan tulang, dan mengurangi resiko mati muda. Bagi pria, wine sangat bermanfaat untuk menghadang stroke, mengurangi resiko kanker prostat, penyakit jantung koroner, ginjal, hingga diabetes. Manfaat minuman beralkohol dari wine cukup banyak, bukan?
2. Whisky
Siapa sangka ternyata manfaat minuman beralkohol ini cukup signifikan untuk kesehatan tubuh? Satu sloki saja mengandung cukup asam ellagic yang bermanfaat untuk mengurangi kanker, serta radikal bebas yang dikandungnya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.
3. Bir
Setiap orang setidaknya pasti pernah mencoba meminum bir. Minuman beralkohol ini sangat populer di dunia, setelah air dan teh. Manfaat minuman beralkohol dari bir ini mampu mengurangi resiko penyakit jantung, menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan produksi insulin untuk mencegah diaetes, dan melindungi otak dari ancaman Alzheimer hingga kanker payudara. Manfaat minuman beralkohol ini akan sangat terasa jika konsumsinya cukup dan teratur, jangan terlalu banyak karena justru dapat merusak hati dan membuat Anda tidak sadarkan diri.
4. Vodka
Vodka juga jenis minuman beralkohol yang sangat populer, terutama di kalangan wanita. Manfaat minuman beralkohol yang satu ini antara lain dapat memperhalus kulit wajah, mengecilkan pori-pori sehingga dapat mengurangi produksi minyak berlebih, menghaluskan kulit kaki dan tangan, dan masih banyak lagi. Vodka juga bermanfaat untuk menghangatkan badan, terutama di daerah yang bercuaca dingin.
Itulah beberapa manfaat minuman beralkohol yang ada di beberapa jenis minuman beralkohol. Sangat penting untuk diketahui, kan?

Tidak ada komentar: