Minggu, 18 Mei 2014

Shit-netron coba pikir lagi !!!

Televisi adalah salah satu sarana hiburan dirumah. tapi sayangnya sekarang banyak sekali program program yang tidak mendidik. Sempat sebal saya ketika menonton tv dan melihat salah satu sinetron di tv yang bercerita tentang suatu keluarga kecil yang istrinya (tokoh protagonis) nya sangat sabar (sabar versi penjajah mode: ON ) oleh suaminya yang berkelakuan ya begitulah (kalau menurut saya kurang masuk akal perilakunya) .

Walaupun film/sinetron tersebut tidak masuk akal dan kalauun kita geram dan hanya bilang "toh itu sinetron boongan" tapi otak akan tetap merekam kejadian yang dlihatnya, contohnya sinetron, sinetron menurut saya itu "mendoktrinkan" bahwa iniloh si Baik, si baik itu sabar, tidak pernah berkeluh kesah, bersikap baik, mau mau saja dihina, dibully, disiksa, dan lain-lain, dan si baik hanya bisa berdoa supaya nanti tuhannya memberikan hidayahlah, bla bla bla.

Apakah yang seperti ini yang dilakukan oleh orang baik? .tentu TIDAK (menurut saya), sabar itu bukan hanya berdiam diri saja meratapi nasib, sabar itu bukan diam saja ketika dihina dicaci maki, tapi sabar itu adalah "berusaha" "berjuang" nasib itu bisa "diubah" toh Allah aja bilang "Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum. jika ia tidak berusaha" , ketika anda dibully ditampar dipukul diinjak injak apakah anda musti sabar (versi diam) ? tentu tidak !! toh ada hukum Allah yaitu QISHAS pukul pipi kiri pukul lagi pipi kirinya kan impas? supaya apa? supaya dia tahu apa yang dilakukannya itu menyakitkan buat orang lain, apakah hanya berdoa saja (versi hanya berkata tanpa usaha) hal yang diinginkan akan terjadi? tentu tidak !! Allah memang mengabulkan seluruh permintaan kita tapi permintaan itu bukan seperti uang jatuh dari langit karena balik lagi Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum. jika ia tidak berusaha" usaha diperlukan untuk mencapai sesuatu !!

DO'A = DO IT ACTION

walaupun ini hanya sinetron, tapi pasti secara tidak sadar hal hal seperti itulah yang akan masuk kedalam memori otak kita. contoh yang lain, ada berita tentang pembunuhan mutilasi yang sering disiarkan di tv. lalu apa yang terjadi? malah pembunuhan mutilasi itu jadi makin marak terjadi, ya kan?

jadi mulai sekarang pilih dan pilah lah apa yang akan anda lihat, BERFIKIR KRITIS lah dalam melihat sesuatu, jangan mau didoktrin hal yang TIDAK benar.

Tidak ada komentar: